Select Menu

Semua Resep

Masakan Nusantara

Family Surprise

Bekal Si Kecil

Seafood

Daging

Menu Piknik

Info Bunda

» » » Resep Kari Kambing Special Aceh

Masakan Bunda - Resep Gulai Kari Kambing ini berasal dari daerah paling barat Indonesia, yaitu Aceh atau juga terkenal dengan sebutan Nanggroe Aceh Darussalam. Seperti resep dengan bumbu gulai kari pada umumnya, resep khas Aceh dengan bahan utama daging kambing ini berkuah kental dengan rasa gurih. Ya, selain menggunakan daging kambing segar sebagai bahan utamanya, resep kari kambing Aceh ini menggunakan santan kental sehingga citarasanya sangat gurih dan legit. Selain itu bumbu kari kambing ini atau masyarakat setempat juga menyebutnya kare kameng juga menggunakan berbagai macam bumbu rempah untuk meningkatkan citarasanya. Biasanya resep masakan Indonesia ini sebagai teman menyantap roti jala, tetapi kalau mau dinikmati bersama nasi putih juga enak kok. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu resep kambing dan cara membuat kari kambing Aceh dibawah ini.


Bahan-bahan :

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging kambing segar kurang lebih sebanyak 1/2 kg. Potong daging kambing yang akan digunakan sesuai selera (ukuran sekitar 2 cm-4 cm bentuk kotak).
  2. Kayu manis kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  3. Kapulaga untuk memberikan aroma khas sebanyak 2 pcs.
  4. Santan kental yang diambil dari perasa parutan kelapa kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  5. Bunga lawang atau pekak kurang lebih 1 pcs saja supaya aroma khasnya keluar.
  6. Buah tomat ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 buah saja. Cuci bersih tomatnya lalu iris iris sesuai selera.
  7. Cengkeh kurang lebih sebanyak 2-3 pcs saja.
  8. Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  9. Air bersih secukupnya.
  10. Minyak goreng secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan untuk menumis bumbu gulai karinya.

Bahan-bahan Bumbu :

  1. Bawang merah kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulit luarnya lalu belah belah supaya mudah saat diuleg nantinya.
  2. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Kupas kulit luarnya sebelum dihaluskan.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulit luar bawang lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan.
  4. Buah cabai merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 6-7 buah.
  5. Adas manis atau disebut juga anis kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja. Sangrai anis dahulu sebelum dihaluskan.
  6. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  7. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.

Cara Membuat :

  1. Langkah pertama rebus air sampai mendidih lalu masukkan daging kambingnya (daging jangan dimasukkan sebelum airnya mendidih). Masak hingga hampir empuk sambil dibuang kotoran kotoran atau busa yang keluar (daging kambing tidak perlu dicuci terlebih dahulu supaya tidak bau).
  2. Angkat dan buang air bekas rebusannya. Isi kembali panci dengan air yang baru, rebus sampai mendidih lalu masak kembali daging kambing sampai empuk.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai dan bumbu gulai kari diatas sampai halus. Sebaiknya dihaluskan dengan cara manual atau diuleg supaya sari bumbunya benar benar keluar.
  4. Siapkan wajan pengorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak goreng secukupnya.
  5. Masukkan bumbu kari kambing yang sudah dihaluskan diatas dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  6. Masukkan kapulaga, pekak, kayu manis dan cengkehnya lalu aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata.
  7. Masukkan daging kambing yang sudah empuk dan dipotong potong sebelumnya ke dalam penggorengan diatas. Aduk aduk semua bahan supaya tercampur sempurna.
  8. Masukkan santan lalu aduk aduk kembali sampai santan mendidih. Ingat proses pengadukan jangan sampai terlewati supaya santannya tidak pecah.
  9. Masukkan garam dapur beryodium dan irisan tomatnya. Aduk aduk kembali dan masak sampai bumbu resep kambing nya meresap ke dalam dagingnya dan empuk.
  10. Sebelum diangkat cicipi dulu dan tambahkan garam dapur apabila diperlukan. Air juga bisa ditambahkan sedikit kalau kuah sudah mengental tetapi dagingnya belum empuk.

About Nunu

Nunu Barokah
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply